Butuh waktu lama belajar antri dibanding belajar matematika sama ibuk nak..

Paling sering kegiatan yang kami harus lalui ketika we r travelling adalah mampir ke toko ke supermarket ke mininarket dan lainnya yg serupa…

Katamu maula suka buk..

Hari ini kami mampir ke minimarket modern, seperti biasa kamu pilih beberapa makanan minuman yang diinginkan..ibuk akan menunggu, mengawasi dan menyortir belanja piihanmu di dekat meja kasir… Menurut saya akan ada banyak pelajaran yang dapat anak ambil dari pengalaman belanja sendiri seperti ini…biasanya saya juga akan membekali dia sejumlah uang yang “terbatas” agar dia bertransaksi sendiri di kasir. Sekarang maula sedang dalam tahap belajar menghitung berbagai pecahan uang..

Ada pengalaman berarti hari ini… karena antrian di kasir lumayan banyak, saya mendampingi mowl kali ini agar dia tidak bingung dan memperlambat kecepatan antrian kasir.

Beberapa saat ada seorang ibu ibu dengan pakaian kedinasan datang dengan satu belanjaan minyak goreng ukuran 2 liter merk titttttt heee, menyelonong di samping saya..saya diam, saya biarkan, stay positive (mungkin panjang antrian harus memaksa mengular disamping saya,,,,). Tinggal 1 customer sebelum tibalah antrian kami, si ibu meletakkan belanjaannya, menyerobot antrian kami…”bu mohon antri nggih” saya akhirnya harus berkomentar…”oo iyah saya namung nyalap (naruh)”sautnya. Saya tersenyum.. Karena sudah ada belanjaan di meja kasir, si mbak kasir otomatis akan mentransaksikan belanjaan minyak si ibu dung…saya diam aja…

“mbak, biar mbaknya ini dulu yang kepengin duluan” kata si ibu…eitttt kenapa jadi seolah saya yang salah ya? pikir saya…”mbak kasir, seharusnya sesuai antrian..” saya membenarkan yang salah..”bukan saya yang kepengin duluan karena antrian saya memang lebih dulu bu,,, kalau saja semua orang mau nyalap barang belanjaannya ke depan meja kasir, gimana mau transaksi bu?” sambil saya lihat muka ibu ini…

Ada maula disamping saya yang memperhatikan kejadian ini tanpa saya sadari lebih lanjut…. hingga malam hari sebelum membacakan buku ceritanya malam ini, mowl tanya?

“Buk, tadi di minimarket (maula menyebut merknya), ada yang ga mau antri ya?” Baiklah, buat seorang anak umur 5 tahun, dia harus mencerna lebih kejadian ini. Ternyata dia menyimpan semua kejadian menjadi bagian memorinya..Saya jelaskan sama dia bahwa pelajaran hari ini bukan hanya antri nak, tapi dengan antri kita akan belajar banyak:

  1. Disiplin, karena kita jadi tau aturan, kalau memang mau duluan berarti kita harus datang lebih awal, kita harus mengatur waktu kita.
  2. Menghargai orang lain, karena semua orang punya hak nak, seperti maula dan ibuk tadi, kita punya hak transaksi lebih dulu dibanding ibu yang nyelonong tadi, yang datang lebih awal pasti punya hak selesai juga lebih awalkan?
  3. Bersabar nak, kalau pas antrian kita panjang, kita jadi sabar menunggu.
  4. Bersosialisasi, atau berbicara dengan orang lain yang sama sama menunggu. Tentu juga sama seperti yang ibuk lakukan tadi, itu salah satunya,, komunikasikan dengan daya juang sesuatu yang benar… biar yang salah bisa jadi berkurang ke depannya, karena kita tidak akan bisa membuat semua jadi benar.

Bukan perkara mudah membuat anak mau mengantri, sedangkan sebagai orang dewasa yang sudah tau aja masih susah…oleh karena itu akan membutuhkan waktu lama untuk bisa terekam di memori anak, kebiasaan baik ini… butuh waktu lebih lama dibandingkan mengajarkan matematika….Jika belajar matematika bisa 3 bulan, untuk antri membutuhkan waktu 12 tahun…….

Jadikan antri itu kebiasaan yah, ini merupakan kebiasaan baik, dan akan menjadi baik lagi jika dilakukan bukan hanya tau…

Karena antri itu harus dilakukan so lakukan dengan benar, benar berdiri di belakang antrian sebelumnya… bukan dengan berbagai alasan memaksa walaupun akhir ujungnya tetap antri kan ya ibu ibu yang nyelonong……

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s